Senin, 09 Maret 2020

Nasihat dari Om Jay untuk Penulis Pemula


Materi 4 Pelatihan Menulis Online KSGN 
Tema : Nasihat dari Om Jay untuk Penulis Pemula
Narasumber : Wijaya Kusumah (Om Jay)

Minggu malam menjadi hari keempat bagi saya untuk mengikuti pelatihan menulis online yang diselenggarakan oleh KSGN dengan inisiatornya Pak Wijaya Kusumah atau yang sering dikenal dengan sebutan Om Jay. Materi kali ini sangat spesial karena yang menjadi narasumbernya adalah Om Jay langsung. Om Jay merupakan seorang guru, penulis, motivator, trainer dan aktivis yang bergerak di dunia pendidikan. Beliau sudah banyak menuliskan beberapa buku. Beliau banyak menghabiskan waktunya untuk berbagi pengalaman kepada kawan-kawan guru lainnya di berbagai daerah di Indonesia. Beliau juga aktif mengelola berbagai blog seperti wijayalabs.com, wijayalabs.wordpress.com, wijayalabs.blogspot.com. Selain melalui blog pribadinya, beliau juga aktif menulis di kompasiana https://www.kompasiana.com/wijayalabs.

Melalui karya-karya buku dan tulisannya di blog menjadikan Om Jay diundang untuk mengisi berbagai kegiatan workshop, seminar maupun pelatihan. Hal itu menjadikannya dikenal sebagai seorang trainer dan guru blog. Menurut beliau menjadi seorang trainer dibutuhkan stamina yg luar biasa. Sebab harus bicara dari pagi hingga sore hari. Dia harus kuat bertahan selama 8 jam dalam sehari bila pelatihannya dari jam 08.00 sampai 16.00 WIB. Ada beberapa tips dari Om Jay agar dapat menjaga stamina dengan baik. Berikut tips dari Om Jay:


1.     Rajin berolahraga.

Menurut Om Jay biasakanlah untuk melakukan jogging minimal 30 menit sehari agar tubuh kita menjadi sehat.

2.      Mengelola waktu dengan baik.

Dalam kehidupan kita saat ini ada dunia nyata, dunia maya dan dunia mimpi. Kita harus membagi waktu secara proporsional atara ketiganya. Kita harus membaginya secara proporsional. Waktu di dunia nyata jelas harus lebih banyak daripada dunia maya dan dunia mimpi. Kalau ketiga waktu itu bisa kita kelola dengan baik, maka kita akan sukses dunia dan akhirat. Selain itu menurut beliau ada beberapa kebiasaan yang dapat kita lakukan setiap hari
Misalnya :
15 menit untuk menghafal alquran.
30 menit untuk jogging.
15 menit untuk membaca buku tertentu untuk pengembanagan diri
15 menit untuk meningkatkan kualitas diri

3.      Mencintai pasangan

Mendengarkan perkataan istri salah satu bentuk ungkapan cinta kita kepada pasangan. Menurut Om Jay beliau pernah tidak mendengarkan perkataan istri untuk sarapan pagi. Padahal sang istri sudah membuatkan nasi goreng yang lezat dan telor ceplok yang nikmat. Saat menyampaikan materi mata beliau berkunang-kunang. Untungnya Pak Dedi Dwitagama yang menjadi narasumber di acara yang sama memahami kondisi beliau dan mengambil alih semuanya. Beliau pun memanfaatkan waktu untuk sarapan agar kondisinya kembali pulih.

Intinya saling memahami dan membuat keharmonisan keluarga dapat membuat hidup kita menjadi lebih nyaman dan tenang. Pikiranpun menjadi jernih sehingga stamina tubuh dapat terjaga dengan baik.

4.      Menulis agar sehat jiwa dan raga

Penasaran dengan pernyataan beliau yang menyatakan menulis dapat menyehatkan jiwa dan raga maka saya pun mencoba untuk mencari informasi mengenai hal tersebut. Dilansir dari laman liputan6.com ternyata menulis memang dapat menyehatkan jiwa dan raga. berikut 4 manfaat menulis bagi jiwa dan raga:

a.       Bantu tidur lebih cepat
Caranya dengan menuliskan beberapa kegiatan yang harus dilakukan pada esok hari sebelum tidur. Kegiatan ini dipercaya dapat membantu proses tidur 10 menit lebih cepat.

b.      Mengurangi stres dan membantu mengatasi kegagalan
Kita pasti pernah menemukan kegagalan dalam hidup. Kegagalan yang kita alami dan kita tuliskan menjadi sebuah catatan penting dapat membantu kita dalam menghadapi tantangan di masa depan.  

c.       Membantu mendapatkan pekerjaan
Melihat Om Jay dan beberapa narasumber lain yang menjadi trainer dan penulis buku memang menunjukkan bahwa dengan menulis dapat membantu kita untuk mendapatkan pekerjaan. Terbukti dengan banyaknya undangan untuk menjadi narasumber untuk mengisi kegiatan workshop, seminar ataupun pelatihan.

d.      Membantu tubuh sembuh lebih cepat
Menuliskan semua pemikiran dan perasaan paling mendalam yang muncul setelah mengalami stress dipercaya dapat membuat proses pemulihan lebih cepat. Kegiatan ini dinamakan menulis ekspresif. Jadi apa yang ada dalam pikiran kita, semuanya tercurahkan dalam sebuah tulisan.


5.      Minum madu

Minum madu setiap hari dapat menjaga stamina tubuh kita. Karena madu mengandung banyak manfaat bagi tubuh.

     Dari beberapa cara menjaga stamina yang saya simpulkan dari nasihatnya Om Jay, yang jarang kita lakukan adalah menulis. Ya, menulis ternyata dapat memberikan manfaat bagi kesehatan yang jarang diketahui oleh setiap orang. Namun kita yang jarang menulis akan mengalami kesulitan saat pertama kali mencoba untuk menulis. Oleh karena itu Om Jay juga memberikan beberapa kiat dalam menulis.


1.     Mulailah menulis yang disukai atau dikuasai.
2.   Menulislah dari hati seperti yg diajarkan guru blogger kita bapak dede dwitagama dan agus sampurno

3.    Rajinlah membaca karena dengan membaca kita dapat menambah kosakata,  membaca dan menulis itu  saling mendukung kalau kita rabun membaca maka akan lumpuh menulis.

Banyak membaca memberikan kemudahan bagi kita untuk menulis. Tulisan-tulisan kita yang menginspirasi orang suatu saat bisa saja mengantarkan kita sebagai seorang motivator atau trainer seperti Om Jay dan kawan-kawan.




2 komentar:

Berlibur Ke Pantai Jetis

Oleh :  Adinda Chintya Ariyanto Kelas : 6A SDN Harapan Mulia 03 Pada hari Kamis tepat saat libur sekolah, aku dan keluargaku be...