Senin, 30 Maret 2020

Oleh : ANDINI ZAHROTUSSYITA RAMADHANI
Kelas : 6A
SDN HARAPAN MULIA 03

Liburan tahun lalu adalah liburan yang sangat menyenangkan karena saya sekeluarga pulang ke rumah nenek di Payakumbuh Sumatera Barat, kampungnya mama, sedangkan papa orang jawa. Kami berangkat dari rumah agak siang menuju bandara Halim Perdanakusuma karena pesawatnya sore.

Setelah diperjalanan satu jam lebih kami mendarat di bandara Minangkabau senangnya hati ini karena sebentar lagi akan bertemu nenek, kakek. Rumah nenek dari bandara masih jauh 3 jam perjalanan. Akhirnya kami sampe di rumah nenek tengah malam.

Hari pertama disana kami tidak kemana-mana hanya istirahat dirumah dan berkumpul melepas rindu. Hari ke dua saya sekeluarga mengunjungi rumah keluarga mama. Hari ke tiga saya dan keluarga jalan-jalan ke  lembah Harau. Disana ada air terjun yang besar dan tempat pemandian. Tempat wisata yang selalu dikunjungi orang-orang di waktu liburan, disana udaranya dingin air terjunnya ada tiga tempat dan pemandangan yang bagus sekali karena dikelilingi bukit-bukit. Sebelum masuk ke dalam lembah Harau yang ada air terjunnya ada tempat wisata baru namanya kampung Eropa. Disana ada tempat untuk berfoto dan bermain, seakan-akan kita berada di Eropa ada menara Eiffel dan lain-lain. Setelah capek bermain dan melihat-lihat pemandangan disana hari sudah sore kami  pulang ke rumah.

Setelah hampir seminggu dirumah nenek, adiknya mama datang sekeluarga dari Pekanbaru untuk berkumpul bersama kami karena sudah lama tidak bertemu. Besoknya kami jalan-jalan lagi ke peternakan sapi yang terkenal di Payakumbuh, namanya Perternakan Sapi Padang Mengatas. Disana sapinya besar-besar dan gemuk pemandangan disana sangat bagus dan rumput hijau semua, peternakan ada di atas bukit dan tidak boleh melihat kesana asal masuk saja, karena banyak aturan harus melalui pemeriksaaan dulu dipintu gerbang masuk supaya nanti tidak menganggu sapi-sapi yang ada disana.

Setelah istirahat 2 hari di rumah, saya dan keluarga pergi jalan-jalan lagi ke tempat rekreasi namanya Kepala Banda, yang mengalir air yang jernih dan dibawahnya dipenuhi batu air berwarna putih dan kuning, disana tempat anak-anak bermain, berenang dan ayunan dari akar pohon. Airnya segar sekali dan saya jalan ke atas bukit ada perkebunan dan pohon-pohon cemara yang tumbuh dengan rapinya. Saya dan saudara yang lain tidak bisa berenang karena airnya lagi surut. Hari sudah sore kami pulang ke rumah dengan senang hati.

Hari selanjutnya saya keliling kota Payakumbuh naik delman. Kalau disana namanya Bendi. Senang rasanya karena delman di Jakarta adanya cuma di Monas. Kami makan makanan khas Minangkabau yang bermacam-macam bentuk dan rasanya.

Hari tidak terasa berlalu hanya tinggal berapa hari lagi saya dirumah nenek, mau jalan-jalan lagi kakak dan mama demam mungkin kecapean. Rencana mau jalan-jalan ke Jam Gadang di Bukittinggi dan Rumah Gadang di Batusangkar gk jadi karena kakak dan mama masih kurang sehat.

Sebenarnya banyak tempat wisata di Minangkabau yg harus dikunjungi karena semuanya bagus dan menarik. Saya tidak bisa mengunjungi semuanya karena liburan hampir selesai.

Dua hari sebelum masuk sekolah saya dan keluarga kembali ke Jakarta. Sedih rasanya meninggalkan nenek dan kakek. Semoga liburan sekolah nanti saya bisa mengunjungi nenek dan kakek kembali.