Jumat, 20 Maret 2020

Membangun Branding melalui Blog dan Media Sosial


Materi 5 Pelatihan Menulis Online KSGN
Tema : Membangun Branding melalui Blog dan Media Sosial
Narasumber : Namin AB Ibnu Solihin

Materi ke-5 pada pelatihan menulis online KSGN kali ini adalah mengenai membangun branding melalui blog dan media sosial. Mungkin bagi sebagian orang blog sudah tidak asing lagi. Namun ada juga beberapa guru yang kurang begitu paham mengenai blog. Apalagi sampai menulis di blog dan membangun personal brandingnya sendiri. Materi inilah yang disampaikan oleh Pak Namin selaku pemateri pada pelatihan yang ke-5 ini.

Pak Namin yang memiliki nama lengkap Namin AB Ibnu Solihin merupakan seorang founder motivatorpendidikan.com. Beliau dikenal sebagai motivator & trainer pendidikan, pembicara seminar parenting, konsultan branding sekolah, dosen, blogger pendidikan, dan penggiat pendidikan. Salah satu hal yang menarik dari beliau adalah mengajarkan kepada 3 putri dan 1 putra yang hidup tanpa gadget dan televisi.

Awal mula beliau ngeblog pada tahun 2007. Saat itu beliau ngeblog hanya untuk mengisi waktu luang saat istirahat mengajar. Lebih dari 10 blog pernah dibuat oleh beliau. Namun, saat ini semua blog tersebut sudah beliau hapus.

Hingga akhirnya disekitar tahun 2013  beliau mengenal guraru.org, sebuah blog yang diisi oleh guru-guru kreatif, diantara para pemenangnya adalah yang sudah mengisi materi sebelumnya yaitu Pak.Agus Sampurno dengan Brandnya Guru Kreatif, Om Jay Wijaya Kusuma dengan Brandnya Guru Blogger dan Bang Dedi Dwitagama.

Keinginan untuk menulis lebih baik lagi, akhirnya ditahun 2013 beliau mengikuti Teacher Writing Camp angkatan ke-3, yang digagas oleh Om Jay dan teman-teman.

Pada tahun 2014 beliau dan Om Jay bersama teman-teman menggagas berdirinya Komunitas Sejuta Guru Ngeblog, pada tahun 2014-2015 kami Komunitas Sejuta Guru Ngeblog memberikan Pelatihan Guru Ngeblog Gratis bagi guru di Jabodetabek.

Dilansir dari laman www.motivatorpendidikan.com ternyata pada tahun 2012 beliau mulai melakukan Branding bagi dirinya sendiri, Ilmu Branding dipelajarinya secara otodidak sejak tahun 2007. Selama perjalanan menjadi Guru dan Kepala Sekolah beliau banyak membuat Ide dan Gagasan untuk mengembangkan sebuah sekolah seperti medesign logo, membuat kegiatan yang menarik, dan mendesign kurikulum. Pada awal-awal ide dan gagasanya banyak ditentang oleh pihak-pihak tertentu, karena dianggap keluar dari jalur kebiasaanya, namun lambat laun akhirnya ide dan gagasannya bisa terima dan akhirnya beliau berhasil melakukan Re Branding pada berbagai sekolah yang didampinginya.

Membranding diri tidaklah mudah, itulah kenyataan yang dialami oleh beliau tercatat tahun 2012-2015, beliau melakukan beberapa kali Branding untuk dirinya namun hasilnya tidaklah memuaskan. Beliau pernah membranding dirinya sebagai founder @guruberakhlak dengan mendirikan guruberakhlak.com, founder @gurubicara dengan mendirikan gurubicara.com, founder @bisaberbagi dengan mendirikan bisaberbagi.com, founder @komunitasguruinspiratif dan beberapa branding lainnya.

Menurut beliau membangun Branding memang tidak mudah, tapi jika kita sungguh-sungguh Insya Allah ada kemudahan.  Ada tiga poin yang menjadi catatan bagi saya yang saya kutip dari pemaparan beliau.

Pertama, membangun Branding juga harus sejalan dengan kompetensi yang kita miliki. Jangan coba-coba membangun Branding tertentu tapi tidak punya Ilmunya.

Kedua, membangun Branding melalui blog juga harus selaras dengan kepribadian kita di Blog, Medsos dan segala aktivitas yang kita lakukan.

Ketiga, menulis konten Blog dengan konsisten pada Branding yang kita miliki adalah kewajiban yang harus ditaati. Kalau mau dikenal sebagai pakar pendidikan misalnya, ya sudah konsisten nulis hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut.

Melalui slide yang beliau bagikan dalam pelatihan ini, selain ketiga hal tersebut di atas, ada beberapa tips lain dalam membangun branding melaui blog dan media sosial atau dengan kata lain anda dikenal sebagai apa di google? Seorang guru kah? Motivator-kah? Blogger-kah? Atau justru seorang guru yang juga seorang blogger? Nah berikut tips dari beliau.

1. Kenali potensi dan passion anda.
2. Buat nama/alamat blog sesuai branding yang telah anda tentukan. Unik, simple dan mudah diingat.
3. Menulislah sesuai passion anda. Publish potensi terbaik yang anda miliki di blog.
4. Menulis konten di blog sesuai permintaan pembaca. Lihatlah pada pencarian tulisan di statistic blog anda.
5. Selalu masukan/ketik keyword atau tags pada konten tulisan anda di blog sesuai branding yang anda miliki.
6. Kelola blog dengan konsisten dan design yang kreatif dan informative. Lebih keren gunakan domain dan hosting berbayar.
7. Share tulisan anda di blog melalui medsos. Bangun branding anda di medsos dengan menghadirkan konten yang positif
8. Jangan plagiat/copy paste tulisan orang lain. Menulislah dengan percaya diri sesuai kapasitas.

Perlu diketahui, sejak tahun 2014 Pak Namin mulai menjadi Trainer dan Motivator Pendidikan secara professional dengan Branding Motivator Pendidikan Kreatif dan membuat blog motivatorkreatif.wordpress.com. Pada tahun itu jadwal trainingnya sudah mulai padat, tema-tema yang dibawakan adalah “Mendidik Dengan Keteladan dan Cinta” tema ini diambil dari buku yang ditulisnya dan tema-tema pendidikan lainnya. Hingga akhirnya tahun 2015 beliau harus memutuskan jalan terbaik baginya, dengan prinsip “Wajib dapat uang halal” maka Jabatan Kepala Sekolah, Guru, dan Sertifikasi guru ditinggalkannya, karena beliau tidak mau mendapatkan uang tersebut sementara dirinya tidak mengajar dan tidak hadir jadi kepala sekolah serta dengan atas dasar kemaslahatan yang lebih banyak agar ide dan gagasan beliau dalam dunia pendidikan dapat dirasakan oleh guru diseluruh Indonesia.

Satu kata dari saya untuk beliau “Hebatttttttt””



2 komentar:

Berlibur Ke Pantai Jetis

Oleh :  Adinda Chintya Ariyanto Kelas : 6A SDN Harapan Mulia 03 Pada hari Kamis tepat saat libur sekolah, aku dan keluargaku be...