Senin, 23 Maret 2020

Bunda Lilis, Guru Inspiratif dari Daerah 3T


Tugas 8 Pelatihan Menulis Online KSGN

Tema : Menjadi Guru Tangguh di Daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar)
Narasumber : Lilis Ika H. Sutikno

Menjadi guru tangguh di daerah 3T itulah tema materi penulisan online kali ini. Narasumbernya adalah Bunda Lilis Ika H. Sutikno yang dikenal sebagai Bunda Lilis. Beliau merupakan guru SMP di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Guru adalah inspirasi merupakan salah satu judul buku yang telah berhasil beliau tulis yang menceritakan pengalamannya mengajar di daerah 3T.

Bunda Lilis menyampaikan bahwa beliau menulis buku karena AGUPENA (Asosiasi Guru Penulis Indonesia) NTT, dimana beliau adalah salah satu pengurusnya. Sebagai seorang pengurus organisasi guru penulis, beliau merasa malu ketika Muswil pertama tidak satupun yang menulis buku sendiri. Ada yang menulis buku, tetapi keroyokan. Itupun difasilitasi oleh AGUPENA pusat. Karena menutup rasa malu itulah beliau memenuhi kebutuhan untuk Muswil. Beliau menulis buku !!!

Buku yang beliau tulis bercerita tentang keseharian yang ditulis di FB. Dimana dalam setiap kegiatan, momen dan perjalanan dinas selalu beliau abadikan di FB tersebut Beliau memilih momen-momen penting yang beliau tulis di FB dan mendapat banyak like untuk dijadikan sebuah buku.

Tulis...
Tulis.....
Tulis.......

Muat di FB, tambah foto, tambah video...

Dibumbui royco... dan masako...

Di ramu di racik, di sedapin pakai di oven juga...

Kata-kata itulah yang selalu beliau sampaikan kepada para peserta pelatihan menulis online agar bersemangat dalam menulis.

Awalnya beliau hanya memiliki hobi menulis saja. Kemudian mencari orang ahli dalam organisasi untuk jadi editor buku yang akan diterbitkan. Buku pertama yang beliau terbitkan dicetak sebanyak 1.000 eksemplar dengan modal pribadi 32jt rupiah. Buku tersebut beliau jual dengan harga Rp. 75.000,-. Beliau mengaku setelah dikurangi modal dan sebagainya, masih ada untung lebih dari 20Jt rupiah. Buku habis terjual dan saat ini cetak ulang dengan cover Best Seller.

Buku-buku yang sudah diterbitkan banyak yang beliau jual sendiri dengan mendatangi sekolah-sekolah. Ketuk pintu kepala sekolah lalu mengenalkan diri. Menurutnya sebagai penulis kita harus percaya diri. Seperti kalimat berikut yang selalu beliau sampaikan saat mempromosikan bukunya ke sekolah-sekolah

Kenalkan saya ibu guru cantik, Guru Inspirasi, Bunda Lilis Sutikno, penulis buku”

Selain percaya diri, beliau juga menyampaikan bahwa dalam mempromosikan sebuah buku kita harus positif dalam berpikir.

Buku saya bagus. Sangat menginspirasi dunia”.

Menurut beliau, orang jualan narkoba sembunyi-sembunyi saja laku. Masak kita jualan buku, bagus lagi. Pasti Allah buka jalan keberkahan untuk menjadi kaya raya karena menulis buku. Dengan berpikir positif. Berkata positif. Hasilnya pasti juga positif. Jika belum positif, menurut suaminya, GAS GEREEE, yang dalam bahasa Flores Timur artinya gas kencang naik motor dengan kecepatan sangat tinggi.

Gas gereee....
Tahajudnya...
Dhuhanya...
Baca Al-Qur'annya...
Istigfarnya....
Solawat Nabinya...
Sedekahnya....

Pada akhir-akhir penyampaian, beliau menyatakan bahwa untuk menjadi sukses, banyak halangan dan rintangan menghadang. Banyak cacian dan hinaan. Banyak cibiran dan fitnah. Maka, miliki prinsip hidup CUEK SEBAGIAN DARI IMAN. Jika kanan kiri muka belakang bicara tentang kita. Berkatalah pada mereka yang ada. Saya tahu apa yang meraka katakan tentang saya di belakang sana, tetapi saya tak mau tahu itu. MAJU TERUS PANTANG MUNDUUR. Sekali layar terkembang pantang kita kembali ke dermaga lagi. Laju terus biar angin badai menghantam. Lajukan kapal dengan kemudi kuat iman di dada serta hanya berharap pada ridho Allah semata.

Begitulah kalimat-kalimat positif yang selalu beliau sampaikan kepada para peserta.

Beliau menutup sesi dengan resume mengambil kata bijak dari Pramoedya Ananta Toer :

Kesalahan orang yang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang-orang lain pandai

MENULIS adalah SEBUAH KEBERANIAN

Maka menulislah agar kamu berani !!!


2 komentar:

Berlibur Ke Pantai Jetis

Oleh :  Adinda Chintya Ariyanto Kelas : 6A SDN Harapan Mulia 03 Pada hari Kamis tepat saat libur sekolah, aku dan keluargaku be...