Materi 5 Pelatihan Menulis Online KSGN
Tema : Membangun Branding melalui Blog dan Media Sosial
Narasumber : Namin AB Ibnu Solihin
Materi ke-5 pada pelatihan menulis online KSGN kali ini adalah
mengenai membangun branding melalui blog dan media sosial. Mungkin bagi
sebagian orang blog sudah tidak asing lagi. Namun ada juga beberapa guru yang
kurang begitu paham mengenai blog. Apalagi sampai menulis di blog dan membangun
personal brandingnya sendiri. Materi inilah yang disampaikan oleh Pak Namin
selaku pemateri pada pelatihan yang ke-5 ini.
Pak Namin yang memiliki nama lengkap Namin AB Ibnu Solihin merupakan
seorang founder motivatorpendidikan.com. Beliau dikenal sebagai motivator &
trainer pendidikan, pembicara seminar parenting, konsultan branding sekolah,
dosen, blogger pendidikan, dan penggiat pendidikan. Salah satu hal yang menarik
dari beliau adalah mengajarkan kepada 3 putri dan 1 putra yang hidup tanpa
gadget dan televisi.
Awal mula beliau ngeblog pada tahun 2007. Saat itu beliau ngeblog
hanya untuk mengisi waktu luang saat istirahat mengajar. Lebih dari 10 blog
pernah dibuat oleh beliau. Namun, saat ini semua blog tersebut sudah beliau
hapus.
Hingga akhirnya disekitar tahun 2013 beliau mengenal guraru.org,
sebuah blog yang diisi oleh guru-guru kreatif, diantara para pemenangnya adalah
yang sudah mengisi materi sebelumnya yaitu Pak.Agus Sampurno dengan Brandnya
Guru Kreatif, Om Jay Wijaya Kusuma dengan Brandnya Guru Blogger dan Bang Dedi
Dwitagama.
Keinginan untuk menulis lebih baik lagi, akhirnya ditahun 2013 beliau
mengikuti Teacher Writing Camp angkatan ke-3, yang digagas oleh Om Jay dan
teman-teman.
Pada tahun 2014 beliau dan Om Jay bersama teman-teman menggagas
berdirinya Komunitas Sejuta Guru Ngeblog, pada tahun 2014-2015 kami Komunitas
Sejuta Guru Ngeblog memberikan Pelatihan Guru Ngeblog Gratis bagi guru di
Jabodetabek.
Dilansir dari laman www.motivatorpendidikan.com ternyata pada tahun
2012 beliau mulai melakukan Branding bagi dirinya sendiri, Ilmu Branding
dipelajarinya secara otodidak sejak tahun 2007. Selama perjalanan menjadi Guru
dan Kepala Sekolah beliau banyak membuat Ide dan Gagasan untuk mengembangkan
sebuah sekolah seperti medesign logo, membuat kegiatan yang menarik, dan
mendesign kurikulum. Pada awal-awal ide dan gagasanya banyak ditentang oleh
pihak-pihak tertentu, karena dianggap keluar dari jalur kebiasaanya, namun
lambat laun akhirnya ide dan gagasannya bisa terima dan akhirnya beliau
berhasil melakukan Re Branding pada berbagai sekolah yang didampinginya.
Membranding diri tidaklah mudah, itulah kenyataan yang dialami oleh
beliau tercatat tahun 2012-2015, beliau melakukan beberapa kali Branding untuk
dirinya namun hasilnya tidaklah memuaskan. Beliau pernah membranding dirinya
sebagai founder @guruberakhlak dengan mendirikan guruberakhlak.com, founder
@gurubicara dengan mendirikan gurubicara.com, founder @bisaberbagi dengan
mendirikan bisaberbagi.com, founder @komunitasguruinspiratif dan beberapa
branding lainnya.
Menurut beliau membangun Branding memang tidak mudah, tapi jika kita
sungguh-sungguh Insya Allah ada kemudahan.
Ada tiga poin yang menjadi catatan bagi saya yang saya kutip dari
pemaparan beliau.
Pertama, membangun Branding
juga harus sejalan dengan kompetensi yang kita miliki. Jangan coba-coba
membangun Branding tertentu tapi tidak punya Ilmunya.
Kedua, membangun Branding
melalui blog juga harus selaras dengan kepribadian kita di Blog, Medsos dan
segala aktivitas yang kita lakukan.
Ketiga, menulis konten Blog
dengan konsisten pada Branding yang kita miliki adalah kewajiban yang harus
ditaati. Kalau mau dikenal sebagai pakar pendidikan misalnya, ya sudah
konsisten nulis hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut.
Melalui slide yang beliau bagikan dalam pelatihan ini, selain ketiga
hal tersebut di atas, ada beberapa tips lain dalam membangun branding melaui
blog dan media sosial atau dengan kata lain anda dikenal sebagai apa di google?
Seorang guru kah? Motivator-kah? Blogger-kah? Atau justru seorang guru yang
juga seorang blogger? Nah berikut tips dari beliau.
1. Kenali potensi dan passion anda.
2. Buat nama/alamat blog sesuai branding yang telah anda tentukan. Unik,
simple dan mudah diingat.
3. Menulislah sesuai passion anda. Publish potensi terbaik yang anda
miliki di blog.
4. Menulis konten di blog sesuai permintaan pembaca. Lihatlah pada
pencarian tulisan di statistic blog anda.
5. Selalu masukan/ketik keyword atau tags pada konten tulisan anda di
blog sesuai branding yang anda miliki.
6. Kelola blog dengan konsisten dan design yang kreatif dan informative.
Lebih keren gunakan domain dan hosting berbayar.
7. Share tulisan anda di blog melalui medsos. Bangun branding anda di
medsos dengan menghadirkan konten yang positif
8. Jangan plagiat/copy paste tulisan orang lain. Menulislah dengan
percaya diri sesuai kapasitas.
Perlu diketahui, sejak tahun 2014 Pak Namin mulai menjadi Trainer dan
Motivator Pendidikan secara professional dengan Branding Motivator Pendidikan
Kreatif dan membuat blog motivatorkreatif.wordpress.com. Pada tahun itu jadwal
trainingnya sudah mulai padat, tema-tema yang dibawakan adalah “Mendidik Dengan
Keteladan dan Cinta” tema ini diambil dari buku yang ditulisnya dan tema-tema
pendidikan lainnya. Hingga akhirnya tahun 2015 beliau harus memutuskan jalan
terbaik baginya, dengan prinsip “Wajib dapat uang halal” maka Jabatan Kepala
Sekolah, Guru, dan Sertifikasi guru ditinggalkannya, karena beliau tidak mau
mendapatkan uang tersebut sementara dirinya tidak mengajar dan tidak hadir jadi
kepala sekolah serta dengan atas dasar kemaslahatan yang lebih banyak agar ide
dan gagasan beliau dalam dunia pendidikan dapat dirasakan oleh guru diseluruh
Indonesia.
Satu kata dari saya untuk beliau “Hebatttttttt””
joos
BalasHapusmkasih om
Hapus