Selasa, 07 April 2020

6 Langkah menerbitkan buku


Tugas 17 Pelatihan Menulis Online KSGN

Tema : 6 Langkah menerbitkan buku
Narasumber : Akbar Zainudin


Pertemuan ke-17 pada pelatihan menulis online KSGN kali ini diisi oleh Pak Akbar Zainudin, seorang penulis buku terkenal. Salah satu buku yang beliau tulis adalah “Man Jadda Wa Jadda. Ya seperti kita ketahui kalimat tersebut sering kita dengar sebagai salah satu kalimat motivasi bagi orang yang ingin mewujudkan impian kita.

Menurut beliau ada 6 langkah dalam menerbitkan buku. Beliau menyingkatnya dengan istilah TOJTRP.  Berikut pemaparan beliau mengenai ke-6 langkah tersebut.

Langkah pertama adalah T. Tentukan TEMA tulisan. Setiap buku harus punya tema besar, baik buku fiksi maupun non fiksi. Tema akan menjadi rel yang mengikat kita dari awal tulisan hingga akhir. Tema ini satu saja. Misalnya kerja keras, romantisme, cara belajar, dan sebagainya. Beliau sendiri terkenal sebagai penulis dengan tema motivasi. Sedangkan contoh lain yang kita ketahui adalah dari buku-bukunya Om Jay yang erat kaitannya dengan tema pendidikan.

Langkah kedua adalah O. Buatlah OUTLINE atau DAFTAR ISI. Kalau tidak ada daftar isi, akan sulit bukunya bisa selesai. Beberapa manfaat outline dalam penulisan sebuah buku adalah sebagai berikut.
1. Agar tulisan kita terarah.
2. Bisa buat jadwal dan target.
3. Menghindari "ngeblank" pada saat menulis.
4. Agar bukunya selesai.

Langkah ketiga adalah J. Buatlah JADWAL penulisan. Kalau daftar isi sudah dibuat, misalnya ada 30 judul artikel atau plot cerita, mulailah membuat jadwal secara riil. Katakan 1 tulisan jadwalnya seminggu selesai, buatlah jadwalnya dari 30 tulisan itu kapan mau selesai. Dengan kita membuat jadwal, maka akan memudahkan kita untuk mengontrol dan mengevaluasi dari hasil tulisan kita.

Langkah keempat adalah T, TULISKAN. Outline sudah ada, jadwal juga sudah ada. Berikutnya adalah tuliskan sesuai outline dan jadwalnya. Di sini, disiplin diri dan komitmen yang akan menentukan apakah tulisan kita akan selesai atau tidak. Tulis dan selesaikan semua judul artikel terlebih dahulu. Jangan terpaku untuk satu tulisan sampai sempurna.

Langkah kelima adalah R, REVISI. Tahap kedua, baru revisi. Apa saja yang direvisi?
1. Data dan informasi yang kurang.
2. Tata Bahasa
3. Gaya Tulisan. Disamakan dari awal hingga akhir.
4. Judul-judul artikel. Buatlah judul-judul yang menarik.

Langkah keenam adalah kirim ke PENERBIT. Apa yang menjadi pertimbangan penerbit? Paling utama adalah bukunya laku atau tidak. Ini menyangkut kebutuhan masyarakat pembaca. Apakah pembaca butuh buku kita? Siapa yang butuh? Berapa banyak orang yang butuh? Buku kita menjawab kebutuhan apa? Semakin besar kebutuhan masyarakat akan buku kita, maka peluang diterbitkan semakin besar. Karena itu, sebagai penulis kita mesti memahami buku kita siapa yang akan beli, dan siapa yang kira-kira akan baca. Hal kedua adalah apa yang bisa membedakan buku kita dari buku sejenis. Apa kelebihan kita dibandingkan dengan buku sejenis? Kita harus mampu menjawab pertanyaan ini. Karena hal itu yang akan menjadi pertanyaan dan juga pertimbangan penerbit. Ketiga, pertanyaan penerbit adalah, apa yang akan Anda lakukan untuk membantu pemasaran buku? Harus punya jawabannya.

Setelah pemaparan mengenai 6 langkah menerbitkan buku, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan para peserta menulis. Ada beberapa pertanyaan dan jawaban yang bisa saya rangkum sebagai berikut.

Bagaimana cara agar membuat tulisan yang menarik?
Untuk membuat tulisan menjadi menarik dan enak dibaca, banyak-banyaklah berlatih. Pak Akbar sendiri mengatakan sudah hamper 30 tahun jika dihitung dari SMP beliau sudah menulis. Luangkan waktu setiap hari 30-60 menit. Nanti tau-tau tulisan kita sudah bagus, tau-tau kita sudah punya naskah buku, tau-tau buku kita terbit.

Bagaimana outline/ struktur daftar isi  untuk naskah fiksi dan non fiksi?
Struktur naskah Non Fiksi:
1. Opening/Pendahuluan. Berisi latar belakang, tujuan dan juga maksud penulisan.
2. Isi Naskah. Biasanya berisi teori-toeri, peristiwa aktual, analisis terhadap peristiwa, How To (Tips and Trick).
3. Kesimpulan dan Penutup.

Struktur naskah FIKSI;
1. Tokoh
2. Karakter Tiap Tokoh
3. Alur atau plot Cerita
4. Klimaks dan Ending Cerita

Apakah kita harus fokus pada satu tema?
Menurut Pak Akbar fokuslah pada satu tema, jika ingin lebih pada satu tema maka tema tersebut harus saling terkait. Karena ini menyangkut dengan branding.

Bagaimana menumbuhkan semangat untuk menulis sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat?
Kalau mau disiplin, dimulai dari pembiasaan. Buat jadwal menulis secara teratur, sekitar 30-60 menit setiap hari. Harus ada waktu yang dikorbankan untuk dialokasikan untuk menulis. Kapan saja boleh, bisa pagi, siang, atau malam. Yang penting, konsisten SETIAP HARI.

Apakah satu buku itu boleh beda-beda judul?
Ada namanya bunga rampai atau antologi tulisan. Ini dalam satu judul bisa berbeda-beda tema. Disarankan, satu buku untuk satu tema. Judulnya bisa berbeda-beda, tetapi tetap mengacu pada satu tema tertentu. Tujuannya apa, biar pembaca menangkap maksud buku secara keseluruhan.

Bagaimana cara membuat judul yg menarik agar pembaca tertarik dan mau membaca?
Untuk membuat judul yang menarik berikut tips dari Pak Akbar.
1. Provokatif. Misalnya; Tips Sukses Belajar. Ini terlalu biasa. Buatlah lebih Provokatif.
Misalnya: "Kamu Gagal Terus? Ini Cara Praktis Lulus Ujian" dan sebagainya.
2. Jelas, Tegas, dan Sederhana.
3. Kalau Judul Buku, biasanya terdiri dari 3 Kata buat Judul, kalau banyak, untuk sub judul.
Contohnya, MAN JADDA WAJADA:The Art of Excellent Life

Bagaimanakah kiat-kiat menghilangkan rasa malas saat kita ingin menulis?
1. Buat target
2. Buat jadwal harian jam berapa menulis
3. Jangan menunda
4. Paksakan

Jika naskah kita pernah diterbitkan di majalah online bolehkah kita kirim ke media cetak?
Kalau artikel, hanya boleh dikirim ke satu media, baik online maupun offline. Kecuali kalau di Blog sepeti Kompasiana, boleh dikirim ke media massa yang lain.

Kesimpulan dari pelatihan ke-17 mengenai 6 langkah menerbitkan buku adalah TOJTRP yaitu Tentukan Tema
Buat Outline
Buat Jadwal
Tuliskan Ide
Revisi naskah
KIrim ke Penerbit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlibur Ke Pantai Jetis

Oleh :  Adinda Chintya Ariyanto Kelas : 6A SDN Harapan Mulia 03 Pada hari Kamis tepat saat libur sekolah, aku dan keluargaku be...