Tugas 16 Pelatihan Menulis Online KSGN
Tema : Menulis tentang Momen Spesial Kala Mengajar
Narasumber : Munif Chatib
Pertemuan ke-16 pada pelatihan menulis online KSGN ini diisi oleh Pak
Munif Chatib. Seorang penulis terkenal yang salah satu bukunya berjudul
“sekolahnya manusia” merupakan buku best seller. Tema pertemuan kali ini bersama
beliau adalah “Menulis tentang Momen Spesial Kala Mengajar”.
Pada awal sesi, Pak Munif memberikan sebuah video mengenai momen spesial.
Berikut videonya.
Pada video tersebut beliau menjelaskan mengenai cara menulis momen spesial. Momen spesial kala mengajar adalah kejadian khusus yang terjadi dalam
proses pembelajaran antara guru dengan siswa, baik di dalam maupun di luar
kelas. Momen spesial berpotensi masuk ke memori jangka panjang, tak terlupakan
seumur hidup.
Momen spesial meliputi beberapa aspek. Pertama, perubahan motivasi.
Siswa yang awalnya tidak berminat tiba-tiba karena suatu hal menjadi berminat,
atau sebaliknya yang awalnya berminat hanya gara-gara beberapa hal menjadi
tidak berminat. Kedua, perubahan kemampuan. Siswa yang awalnya tidak mampu
menjadi mampu atau sebaliknya. Ketiga, perubahan sikap. Siswa yang awalnya
tidak rajin menjadi rajin atau sebaliknya. Dari ketiga aspek tersebutlah bisa
kita jadikan sebagai momen spesial kala mengajar.
Pada proses pembelajaran biasanya terdiri dari tiga kegiatan, yaitu
kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Sebenarnya dari
ketiga tahapan kegiatan proses pembelajaran tersebut mempunyai peluang untuk
terjadinya momen spesial. Sehingga bisa kita jadikan sebagai bahan untuk menulis.
Ada beberapa alasan mengapa momen spesial harus ditulis. Pertama,
pembaca tak akan lupa seumur hidup, sebab masuk dalam memori jangka panjang.
Kedua, mempunyai potensi untuk menjadi tulisan yang dibaca, dikenang, dibagi,
dan dicari. Ketiga, mudah ditulis, artikel bebas, tidak ketat aturan artikel
ilmiah.
Terdapat 5 momen atau pintu pembuka untuk masuk memori jangka panjang.
Pertama, First Experience. Apapun kejadian ataupun pengalaman dengan siswa
biasanya masuk memori jangka panjang. Kedua, relevance yaitu kejadian-kejadian
yang berhubungan antara topik materi yang kita ajarkan dengan kondisi siswa.
Jadi sangat berhubungan materinya dengan kondisi siswa atau kondisi satu kelas.
Ketiga, rehearsal atau yang diulang-ulang. Kejadian yang diulang-ulang biasanya
masuk ke memori jangka panjang. Keempat, emotional atau perasaan yang
diaduk-aduk. Ada perasaan bahagia, ada perasaan takut, benci, berani terkejut
dan lain-lain. Biasanya kegiatan pembelajaran yang punya muatan emotional
biasanya masuk memori jangka panjang. Kelima, survival atau mengajar yang
berkaitan dengan cara bertahan hidup atau untuk keselamatan hidup. Jadi jika
kita bisa mengetahui kelima aspek pintu pembuka untuk masuk memori jangka
panjang, maka ilmu yang diajarkan akan masuk dalam memori jangka panjang anak
dan menjadi sesuatu yang tak terlupakan dalam hidup.
Tahapan menulis momen spesial menurut Pak Munif Chatib:
1.Catat/rekam kejadian momen spesial pada saat terjadi, jangan
ditunda.
2.Elaborasi, mencari data-data pendukung terhadap momen spesial. Data,
fakta, bertanya, imajinasi.
3.Menulis dalam bentuk artikel bebas.
Pada sesi ini Pak Munif Chatib memberikan contoh artikel yang beliau
tulis mengenai momen spesial saat beliau saat diminta mengajar oleh temannya
yang menjadi kepala sekolah. Kelas yang akan menjadi tempat beliau mengajar
tekenal dengan muridnya yang nakal. Namun dengan berbagai metode yang cukup
menarik, akhirnya beliau mampu menyadarkan para siswa di kelas tersebut bahwa
para guru selama ini mendidik mereka untuk tujuan yang baik. Berdasarkan
pengalaman mengajar di kelas tersebut, beliau membuat artikel dengan judul “80
Menit di Kelas Neraka”. Pengalaman mengajar tersebut menjadi momen yang spesial
karena menghadirkan emosi dari para siswa dan guru yang lain.
Pada sesi akhir Pak Munif memberikan kesempatan kepada para peserta
pelatihan untuk memberikan pertanyaan. Beberapa pertanyaan yang relevan saya
rangkum sebagai berikut.
Bagaimana mengubah label
sebagai guru killer menjadi momen spesial positif?
Harus dibedakan antara guru keras dan guru tegas. Guru killer adalah
sebutan untuk guru keras. Ciri-cirinya, guru keras berdampak akan dijauhi,
dihindari oleh siswa. Namun guru tegas, sebaliknya, akan dirindukan oleh
siswanya. Perayalah zaman sekarang, siswa kita butuh guru yg tegas.
Kedisiplinan yg diterapkan oleh guru tegas akan menjadi unsur siswa suka kepada
gurunya.
Ada 3 cara sederhana mejadi guru tegas. Pertama, kita menjadi gurunya,
orang yg memberikan ilmu. Kedua, kita menjadi orangtuanya, kita memberikan
nasihat-nasihat. Ketiga, kita menjadi sahabat siswa, dengan membuka diri untuk
menerima curhat dari siswanya. Hanya yg perlu diperhatikan adalah WAKTU. Kapan
kita harus jadi guru, orangtua, dan sahabat siswa-siswa kita.
Ketika kita menulis momen
spesial itu apakah nama-nama tokoh harus kita tuliskan didalam cerita?
Kalau tulisan terrsebut dapat menjadi inspirasi bagi pembacanya,
biasanya saya langsung tulis nama siswa, sekolah dan kelasnya. Namun jika
terdapat hal-hal yang privasi, saya sumirkan.
Bagaimana menyusun kata kata
yang indah runtut enak dan mudah dipahami oleh
pembaca?
Tulis aja dulu. Harus yakin tulisan kita sendiri enak dibaca. Nanti
pada saat edit, barulah kita mulai belajar untuk menulis lebih dulu. Proses
edit bisa juga kita minta tolong untuk dibaca oleh teman, dan meminta
pendapatnya.
Kesimpulan materi mengenai menulis momen spesial kala mengajar adalah.
1. Momen spesial dapat menggugah kita untuk menulis
2. Untuk awal tulis saja semampu kita tanpa kita hawatir salah dalam
kaidah penulisan
3. Tuangkan semua kejadian spesial ke dalam tulisan kita
4. Guru harus bisa memainkan 3 peran yaitu menjadi guru, orang tua dan
sahabat bagi siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar